desa.cibogo@gmail.com   085302650334

Profil

Seputar Desa Cibogo.

Kebudayaan

Keragaman budaya di Desa Cibogo merupakan entitas dan kekayaan yang tidak ternilai, oleh karena itu pengembangan budaya daerah dilaksnakan dalam upaya pelestarian nilai-nilai luhur yang sesuai dengan agama, etika, dan moral. Sebagai refleksi dari pemeliharaan budaya dilakukan melalui pemeliharaan budaya-budaya yang sudah ada.

Pembangunan kebudayaan diarahkan pada upaya pelestarian dan pengembangan budaya serta memperkokoh ketahanan budaya daerah terutama terhadap penetrasi luar yang kurang selaras dengan budaya daerah. Seni yang dikembangkan di Desa Cibogo memiliki varian yang cukup dari seni tradisional.

Desa Cibogo memeiliki sekitar 2 jenis kesenian tradisional yaitu seni Ibing dan Kuda lumping, dengan serba keterbatasan dana seni tersebut masih dirasakan belum memiliki nilai jual yang memadai. Untuk itu kedepan pihak pemerintah Desa Cibogo akan membuat terobosan baru supaya seni tersebut bias sejajar dengan seni-seni dari daerah lain.

Tantangan pembangunan dibidang budaya adalah bagaimana upaya memperkokoh kesejatian budaya daerah dari derasnya arus globalisasi yang terefeksikan melalui kemajuan teknologi, komunikasi dan informasi serta difusi budaya luar yang akan mengancam kepunahan budaya daerah. Tantangan lainnya adalah bagaimana nilai-nilai budaya daerah dapat menjadi landasan dan tuntutan dalam berprilaku sekaligus dapat menjadi acuan dalam kehidupan masyarakat.

Namun dengan demikian lokasi Wisata Alam ini belum tergali dan dipelihara secra optimal, mengingat dana yang sangat terbatas, sehingga hanya memanfaatkan lokasi seadanya. Padahal jika lokasi ini dikelola dengan baik, niscaya akan menjadi lokasi tujuan wisata yang bakal menjanjikan, seperti Rawa Cilalay dan Rawa Lengkong, jika dikelola, dijaga, dan diperindah sangat besar kemungkinan para wisata domestik yang hobi memancing akan datang untuk mencobanya.

Disamping itu pula, masih banyak budaya-budaya yang ada di Desa Cibogo yang dulu sempat ada dan sekarang menjadi tenggelam, dan hal ini perlu dikembalikan pada beberapa tahun mendatang, sehingga anak cucu di Desa Cibogo akan teringat kembali akan semua peninggalan budaya nenek moyangnya, yang mana kondisi akhir-akhir ini (anak generasi/kelahiran 70 an sampai dengan sekarang) sudah banyak kehilangan dan sudah tidak mengenal lagi budaya karuhunnya.


Komentar

"Mari bersama membangun Desa Cibogo lebih maju,
dengan semangat gotong royong kita pasti bisa!."